Minggu, 19 Juli 2015

Karena Anak-Anak KIta Begitu Berharga

Mengingat maraknya kasus pelecehan seksual yang terjadi pada anak berikut beberapa tips dari hal-hal yang perlu kita ajarkan pada anak-anak kita, sedini mungkin :
    1. Ingatkan anak perempuan anda untuk tidak duduk di pangkuan siapa saja, termasuk pamannya.
    2. Hindari untuk berpakaian di depan anak sejak mereka berusia 2 tahun, apakah itu anak laki-laki atau perempuan. Ajarkan mereka untuk tidak berpakaian di depan siapapun kecuali anda ibunya, sepanjang mereka masih membutuhkan bantuan.
    3. Jangan biarkan orang dewasa siapapun itu memanggil anak anda dengan sebutan “Suamiku” atau “Istriku”.
    4. Kapanpun anak anda pergi bermain di luar umah, pastikan anda mencari tahu permainan apa yang mereka mainkan, karena pelecehan seksual seringkali dilakukan oleh teman sebayanya.
    5. Jangan pernah memaksa anak anda untuk pergi mengunjungi orang dewasa apapun statusnya yang membuat anak anda merasa tidak nyaman, sebaliknya waspadai jika anak anda menjadi terlalu menyukai orang dewasa tertentu.
    6. Tanyai anak dengan pendekatan yang sabar, ketika anak anda yang ceria dalam kesehariannya mendadak berubah menjadi begitu pendiam dan menarik diri
    7. Berikan pendidikan seks dengan cara yang dapat dimengerti oleh anak anda. Karena jika anda tidak melakukannya maka lingkungan akan mengajarkan mereka arti sex yang cenderung mengarah ke perilaku sex yang menyimpang.
    8. Telusuri bahan bacaan apa saja yang tersedia, bahkan untuk bacaan komik apakah bacaan itu mengandung pornografi sebelum mereka melihat degan mata mereka sendiri.
    9. Pastikan anda mengaktifkan parental control pada jaringan internet yang digunakan oleh anak anda, juga orang tua dari teman anak anda yang sering anak anda kunjungi.
    10. Ajarkan ke anak 3 tahun anda untuk membersihkan daerah pribadi tubuhnya, dan peringatkan mereka untuk jangan pernah membiarkan siapapun untuk menyentuh daerah pribadinya termasuk anda sendiri.
    11. Blokir apa saja apakah itu music, film atau apa saja yang berpotensial mencuri kepolosan anak anda.
    12. Pastikan anak anda bagaimana harus bersikap di tengah kerumunan orang banyak.
    13. Jangan diam, ketika anak anda mengeluh tentang kelakuan seorang kerabat tertentu terhadap anak anda.

Selalu tanggap untuk menunjukkan bahwa anda ada di pihak mereka.
Ingat, kita adalah orang tua atau orang yang suatu waktu akan menjadi orang tua.
Dan Ingat bahwa “Penderitaan akibat pelecehan seksual bisa mengendap seumur hidup”.

Translated by : Yanti Lengo
Sumber ; Pak Hungama Photos on Facebook

please klik share if you think that this is useful.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar