Jumat, 06 November 2015

Bagaimana Memulai Kelas Bahasa Inggris di Rumah.

Gambar : caracepatdanmudahbelajarbahasainggris

Mata pelajaran Bahasa Inggris saat ini sudah diajarkan sejak Sekolah Dasar, beda dengan di generasi terdahulu, yang mulai diajarkan baru di bangku SMP. Ayah mertua saya pernah beberapa kali berpesan : “Jika kalian sebagai orang tua memiliki kemampuan apakah itu di bidang Matematika ataukah Bahasa Inggris atau apa saja maka, usahakanlah untuk mentransferkan ilmu kalian ke anak-anak.” Berikut adalah sebuah artikel yang coba saya translate-kan ke dalam bahasa Indonesia, karena menurut saya bagus dan sejauh ini sudah saya lakukan dan berhasil.

  • -          Bagaimana saya bisa mulai mengajarkan anak-anak Bahasa Inggris?


Ada banyak orang tua yang ingin memulai mengajar anak-anak mereka bahasa Inggris di rumah, tapi tidak tahu bagaimana caranya. Orangtua tidak perlu memiliki dasar Bahasa Inggris yang sempurna untuk bisa memulainya. Bukankah kita sudah mempelajarinya selama 6 tahun di bangku SMP dan SMA juga di bangku kuliah? Untuk mengenalkan warna, angka, alphabet, body parts rasanya kita tidak membutuhkan seorang guru privat. Yang kita butuhkan adalah semangat, antusiasme untuk ditularkan ke anak-anak kita, ketika kita dengan giat mendorong mereka untuk belajar dengan memberikan contoh diri kita sendiri yang bersemangat dan senantiasa memberikan pujian atas setiap perkembangan yang mereka tempuh, diharapkan cara ini bisa menularkan semangat yang sama kepada anak.
  • -         Buatlah kegiatan belajar ini menjadi sebuah rutinitas.

Lebih baik waktu belajar singkat dengan frekuensi yang sesering mungkin daripada waktu belajar yang panjang dengan frekuensi yang tidak sering, dan membuat anak menjadi kehilangan semangat dan malas untuk belajar. Untuk anak-anak yang masih kecil bisa diterapkan 15 menit sehari, dan rentang waktu yang sedikit lebih panjang untuk anak-anak yang lebih besar. Usahakan untuk melakukan hal ini di waktu-waktu yang sama setiap harinya, bisa dalam bentuk games setelah pulang sekolah, atau membaca cerita bersama-sama di malam sebelum tidur. Pengulangan adalah hal yang sangat penting, anak-anak perlu mendengarkan kata atau frase sesering mungkin sebelum mereka siap untuk mengucapkannya sendiri.

  • -          Bermain game.

Anak-anak belajar dengan sendirinya ketika suasana belajarnya dan cara-cara pendekatan untuk memahami konsepnya menyenangkan. Kita bisa menggunakan flashcard, yang sebenarnya tidak perlu harus mengeluarkan uang, sebagai orangtua kita bisa lebih kreatif untuk menciptakannya, atau mendapatkannya dari internet lalu diprint.  Flashcard sangat berguna untuk mengajarkan dan memperbaiki kosakata. Ada banyak game online untuk pembelajaran bahasa Inggris di internet salah satunya adalah British Council.
  • -          Gunakan situasi setiap hari.

Satu keuntungan dari menggunakan situasi setiap harinya dan juga obyek-obyek di sekitar kita adalah kita tidak perlu jauh-jauh atau harus keluar untuk belajar. Setiap aktivitas dan obyek-obyek selalu dapat kita gunakan untuk berlatih.
Contohnya :
  1. Kita bisa membahas satu topik tentang pakaian ketika memakaikan anak-anak yang lebih muda pakaian, atau ketika sedang memisahkan cucian ke anak-anak yang lebih besar.
  2. Kita bisa berlatih kosakata tentang permainan di saat membereskan mainan atau ketika sedang berada di dalam suatu ruangan kita bisa mengenalkan kosakata tentang furnitur kepada anak-anak.
  3. Kosakata tentang makanan. Sangat mungkin dilakukan ketika kita dan anak-anak sedang berada di dapur.

  •  Gunakan Cerita

Anak-anak yang usianya lebih muda senang dengan warna-warna cerah dan ilustrasi-ilustrasi yang menarik. Kita bisa menemani mereka dengan menggunakan buku-buku bergambar. Bisa dimulai dengan melihat gambar dan menunjuk lalu menyebutkan sebuah gambar dalam bahasa Inggris.
  • -          Gunakan Lagu

Lagu-lagu merupakan cara yang efektif untuk mempelajari kata-kata baru dan untuk memperbaiki pengucapan. Lagu-lagu dengan gerakan sangat baik untuk anak-anak usia dini, yang memungkinkan mereka untuk meniru meskipun mereka belum mampu bernyanyi sama sekali. Gerakan-gerakan yang ada secara simbolik ditangkap oleh anak-anak usia dini sebagai arti sebuah kata.
Penjelasan tentang grammar belum perlu dilakukan untuk anak-anak yang usianya lebih muda (belum sekolah).
  • -          Tata Bahasa

Tata bahasa/grammar belum perlu diajarkan secara eksplisit ke anak-anak usia dini, tetapi tidak masalah jika untuk membuat mereka terbiasa mendengarkan dan menggunakan beberapa aturan grammar dalam sebuah konteks kalimat, misalnya “must/musn’t” ketika membicarakan tentang aturan-aturan sekolah mereka.  Untuk anak-anak yang lebih tua, kita bisa mengajarkan beberapa grammar sederhana, berdasarkan buku cetak yang diberikan dari sekolah juga bisa membantu, tentu saja sebisa mungkin diusahakan suasana yang menyenangkan dan santai.
Jika anak kita bisa mengajar kembali hal-hal yang dipelajarinya di rumah misalnya tentang Verb, atau Pronoun, kepada sepupu-sepupu atau kawan-kawan bermainnya, dengan begitu bisa membuat ia lebih memahami apa yang sudah dipelajarinya.
  • -          Kata-kata atau Frase mana yang perlu saya ajarkan terlebih dahulu?

Mengetahui apa yang membuat anak-anak tertarik dan juga kepribadiannya ketika memutuskan topik apa untuk diajarkan, dan juga membiarkan anak kita membantu kita untuk memilih. Beberapa topik di bawah ini bisa menjadi pilihan :
  • 1.   Numbers (1-10, 10-20, 20-100), Colours,
  • 2.       Adjectives (kata sifat) ; big, small, happy, sad, tired dll.
  • 3.       The body
  • 4.       Toys
  • 5.       Clothes
  • 6.       Animals



Akhirnya apapun pendekatan yang kita pilih  untuk memulai kelas bahasa Inggris di rumah, hal terpenting adalah ciptakan suasana yang lebih santai dan menyenangkan. Jadikan waktu-waktu pembelajaran bahasa Inggris sebagai pengalaman menarik untuk terus dan terus diulang bagi anda dan anak-anak anda. Jangan kaget ketika anak anda dengan semangat kemudian berkata : “Ma, ayo Ma. Kita belajar lagi.” 

--Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar