Rabu, 24 Juni 2015

Tips Untuk Menjaga Anak Bisa Berselancar di Internet dengan Aman.

Suatu hari anak saya berkata : “Ma, buatkan kakak akun facebook kah? Teman-teman kakak sudah ada yang punya.”. “Bisa kaka, tunggu 4 tahun lagi e, soalnya om yang punya facebook tidak terima anak-anak yang umurnya di bawah 13 tahun. Masih 9 tahun toh?” jawab saya. Tanpa protes dia mengiyakan.

Nah, lalu kenapa temannya bisa punya akun?
Belakangan diketahui bahwa akun itu dibuat oleh orang tuanya, dan beberapa anak membuat akun tanpa diketahui orang tuanya. Namun, apapun itu penting untuk menjaga agar anak-anak bisa tetap aman berselancar di facebook.

Berikut tips buat para orang tua agar pengalamannya ber-fesbuk, bisa lebih aman.

Batasi kegiatan Anak.

Apakah facebook digunakan oleh anak untuk mengirim-ngirim pesan ke sahabat dan kerabat atau untuk bermain game. Satu cara untuk menjaganya tetap aman adalah dengan membatasi waktu pemakaiannya.
Jadikan rahasia password akun anak. Dengan sendirinya ini memaksa anak untuk membukanya hanya ketika anda bersamanya. Aktifkan game facebook yang mereka sukai dan biarkan anak memainkannya, dan anda bisa mengontrolnya dengan melihat durasi pada halama facebook. 
Tujuannya adalah ada bersama anak selama anak menggunakan facebook. Hal ini untuk mencegah mereka membaca atau melihat hal-hal negative dan pelecehan orang-orang dewasa atau menghindarkan mereka dari transaksi game yang sedang dimainkannya.

Menghapus Akun Anak.

Apakah anda yakin anak anda tidak punya akun facebook. Log in ke facebook dan lakukan pencarian atas nama anak. Beberapa anak telah menipu umur mereka untuk membuat sebuah akun tanpa sepengetahuan orang tuanya. Jika hasilnya memang tidak ada artinya anak memang tidak memilikinya. Sebaliknya jika ternyata ditemukan akun, ide bagusnya memantau apa yang postingan-postingannya. Bisa juga untuk melaporkannya ke facebook dan bisa meminta facebbok untuk menghapusnya.\

Ajarkan Anak bagaimana ber-internet dengan aman.


 sudah boleh memiliki SIM di dunia internet salah satunya adalah facebook. Maka inilah waktunya untuk memberikan pengertiandan penjelasan kepada anak-anak tentang bagaimana ber-internet dengan aman. MInta mereka untuk tidak memberikan password kepada orang lain demi terhindar dari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.  Pastikan mereka mengerti mengapa mereka tidak boleh membagikan informasi apapun kepada orang asing. Seperti yang kita ketahui banyaknya kejahatan seperti permerkosaan dan lainnya terjadi karena perkenalan di f acebook dengan orang asing. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar