Rabu, 19 November 2014

SAYUR GORENG



Setelah beberapa hari tak update blog. Hari ini saya mencoba berbagi resep. Tak ada ikan, tak ada tahu atau tempe. Yang tersisa cuma sebutir telur dan sayuran. Wortel, terung, dan pepaya muda yang sudah diris-iris korek api. Bingung mau ditemani apa tumis sawi ini.
Semalam saya sempat membaca beberapa lembaran buku Menu Sehat terbitan IPH. Ada satu menu yang di namakan sayur goreng. Bahan-bahannya wortel, buncis dan terong. Kelihatannya tidak susah dan pengen tahu juga sih, seperti apa rasanya sayur goreng.
Di cara membuatnya wortel dan buncis di kukus terlebih dahulu barulah di iris-iris memanjang. Karena saya tak punya buncis, tapi punya irisan memanjang pepaya muda, jadi saya ganti saja buncis dengan pepaya muda. Nah,pepaya muda ini sudah diiris-iris tapi belum dikukus. Yah sudah saya iris-iris saja sekalian wortelnya. Lalu irisan sayuran ini saya rebus sebentar hingga setengah matang. Ukuran banyaknya sayuran 1 mangkuk.

Lalu saya mencampur 3/4 mangkuk terigu + 3 sdm tepung kanji (mangkuk yang sama yang digunakan untuk mengukur sayuran tadi). Tambahkan setengah gelas susu, 1 sdm bawang merah yang sudah diulik halus bersama merica+garam. Tambahkan juga 1 telur kocok. Terakhir masukan sayuran yang sudah direbus, setelah disaring airnya. Semuanya di campur hingga rata. Hampir lupa masukkan terongnya. 1 buah terong dikupas, diiris memanjang, dan dicampurkan ke dalam adonan.
Setelah semuanya siap, panaskan minyak. lalu goreng sesendok demi sesendok hingga habis. Dan dilihat dari bentuknya kayaknya tidak jauh beda dari bakwan telur yang biasa di jual di warung tempe penyet, yang dijual seribu perak per potongnya nih, cuma rasanya agak gimana gitu. Yang pasti pas di lidah saya, si balita udah habisin dua potong. Belum tahu gimana tanggapan si kakak, mudah-mudahan kakak suka, kebetulan kakak kurang suka makan sayur, jadi menu ini bisa membuatnya mengkonsumsi sayuran.
Nah, buat tema-teman mudah-mudahan bermanfaat e. Dan silahkan mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar