Rabu, 05 November 2014

Sayang Mama



Semalam mama menelpon :
Mama : Lagi buat apa kau, Yanti.
Saya : Lagi temani Jeri belajar nih Ma, Lodya ju ikutan belajar, kami ngungsi ke kamar soalx ka Sonny lagi kerja. Mama lagi apa…? Sudah Makan….?
Mama : ini lagi duduk rame2, kami lagi makan gorengan ubi tatas Roda Baru.
Saya : hem hobi e kasih ngiler….Saya tadi buat ubi tatas ju Ma, 1 piring penuh su hbis, Jeri suka nah.
Mama : ko kerja sendiri2 kah..? Pake pembantu tidak?
Saya : hahae, tidak pake pembantu mama e, kerja sendiri saja.
Mama : Repot pasti e….
Saya : Repot kalau anak-anak sakit,  atau saya yang sedang tidak enak badan, selebihnya tidak e...Dinikmati saja e Ma. Ko ada kerja berat apa ju…?
Mama : iya begitu sudah…
Lalu dilanjutkan dengan sharing topik yang lain. Dan Klik telp. Berakhir.

Mama, sudah pasti lebih capek ketika mengurus kami dahulu, mengingat saya dan Indri (nama adik persis dibawah saya) jaraknya dekat. 

Mama, saya jarang katakan ini tapi sejak saya merasakan penat di sekujur tubuh saya, atau otot-otot kaki yang saling membelot,
dan menikmati semuanya sendirian, saya jadi ingat mama. Saya jadi mengerti kenapa mama selalu minta tapak-tapak kecil kami menaiki sekujur tubuh mama, ketika mama berbaring telungkup, dulu dulu sekali. Dan kami lebih sering memilih bermain, atau berjalan-jalan cepat di atas badan mama, untuk bisa cepat bermain. Sejak saat itu, sedikit demi sedikit semuanya mulai terkuak, dan rindu saya untuk mama selalu ada. Sekarang setiap ada kesempatan saya ingin terus selalu mengatakan ini : “Saya Sayang mama…”

Mama, ketika kaki kecil anak perempuan saya, berjalan gontai ke arah saya, sambil mengucak-ngucak matanya yang lelah, ingin tidur, sambil memanggil “Mama, mama..” minta di gendong, di nina bobokan, ingin di peluk, dengan suara anak-anak yang tak berdaya, sudah pasti seperti itulah dulu saya, berjalan ke arah mama dan segera di rengkuh dengan penuh kasih yang hangat, dan damai. Anak saya sudah tertidur, melihatnya terlelap rasanya seperti baru kemarin saya terlelap di pelukan mama. Mama, saya sayang mama.

Mama, ada begitu banyak hal yang sudah mama lalui. Ada begitu banyak luka dan hal menyakitkan yang tertoreh di dalam hati mama. Begitupun dengan saya. Hidup mengajarkan banyak hal. Dan ketika saya terus belajar untuk mengerti, untuk memaafkan, untuk menyembuhkan hati dan diri saya; di saat yang sama terang dan kasih selalu ada di sana seperti menggantikan awan gelap yang selama ini betah tinggal di ruang terdalam alam sadar saya. 

Saya yang kurang mengerti mama, saya yang mungkin menuntut mama terlalu banyak, saya yang membentuk dalam pikiran saya harus seperti apa seorang mama itu. Dan ternyata saya sadar bahwa tidak semua orang itu sama. Mereka mungkin memiliki mama yang sabar, mama yang lemah lembut bahasanya, mama yang bisa dijadikan tempat curhat, mama yang sempurna. Padahal mana ada manusia yang sempurna di dunia ini..? Dan setiap orang tua itu selalu memiliki caranya sendiri, dan tidak ada yang sama persis dalam mengekspresikan rasa sayang mereka. Kebetulan saya memiliki mama yang dalam tanda kutip kurang bisa mengkespresikan rasa sayangnya. “Beberapa mama memang suka memarahi dan mama yang lain suka menciumi, marah atau ciuman itu tetap adalah cinta”.

Suatu ketika kami mendapat masalah yang sangat berat, semakin sulit menghadapi mama, karena mama sedang berjuang melawan rasa sakit hatinya. Ada banyak hal yang sudah terjadi, ada banyak kesalah pahaman disana, ada banyak pertanyaan yang kami pertanyakan dan terjawabkan oleh kebisuan yang cukup panjang. 

Kini semua sudah terlewati, senang dan bahagia bisa mendegar tawa dan senyum bahagia mama, saya yakin mama belajar banyak hal baru, begitu pun kami anak-anaknya. Terima kasih mama karena masih terus bertahan untuk kami. Kami semua sayang mama. 

Awal hubungan yang baru ketika saya pulang beberapa bulan lalu. Mama pasti bingung ketika saya meminta untuk mencuci pakaian-pakaian kotornya, dan sebisa mungkin mengerjakan apa saja untuk membantunya meskipun sebenarnya saya sendiri agak sibuk. Yang begitu menyentuh hati, adalah ketika saya hendak seminar, mama membantu saya untuk membuatkan kue, dan dengan semangatnya mama meminta adik-adik saya untuk mengambil foto diri saya yang mengenakan baju putih rok hitam katanya : “Foto dulu dia kah, jarang sekali dia pake begini Aih Yanti su kayak ibu guru saja.” Dan setiap saya menelpon mama, tidak lupa saya minta mama untuk mendoakan agar semua rencana saya ke depan bisa berjalan dengan baik. 

Mama secara materi saya belum mampu untuk membahagiakan mama, padahal saya sampai besar begini juga karena mama. Saya minta maaf untuk semua kesalahan saya. Ada banyak impian saya untuk mama, doakan saya terus mama agar saya bisa mewujudkannya. Saya sayang mama
 

Maafkan saya untuk kesalahan saya terhadap mama. Dan semoga belum terlambat untuk datang bersujud di bawah kakimu, mama.Saya sayang mama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar