Rabu, 27 Juni 2012

Jadi Masa Lalu Itu Tidak Bisa Diubahkan....!"



“Saya senang ketika dia bertanya, Saya senang bercakap-cakap dengannya…”

J: "Mama jelaskan ke kakak apa itu masa lalu..?"
M: Saya gunakan skema aliran sungai..bahwa waktu itu diibaratkan seperti aliran sungai, kita tidak pernah bisa memerintahkan air itu untuk kembali dari asal mula tempat ia mengalir, atau tidak pernah bisa tahu tikungan-tikungan yang akan ia lewati dari titik tempat kita berdiri, sama seperti waktu, aliran/arus sungai terus bergerak, tapi tak bergerak mundur....
J :"Sama seperti ikan Hiu nah, dia kan tidak bisa berjalan mundur...(agak kaget saya, fakta baru dan jadi PR.) 

Oh, mama jadi masa lalu itu tidak bisa diubahkan....!"
M: #hem, iya benar sekali, ada lagi yang lain, jadi.......?," saya kembali bertanya untuk membtnya berpikir....
J: "masa sekarang bisa diubahkan.....!"
saya sedikit berpikir,
M: #KIta bisa mengubah masa akan datang dengan keputusan yang kita buat disaat sekarang..!#
Contoh : hari ini kakak harusnya ke sekolah tapi masih mau tidur....
kalau kakak pilih ke sekolah maka kakak akan dapat ilmu,
kalau kakak pilih tidur maka kakak tidak akan dapat ilmu...
(kelihatannya dia paham....:) ).
Jadi kita bisa mengubahkan masa yang akan datang dengan keputusan kita sekarang....
J :"Jadi mesin waktu itu tidak ada kah mama....?
M : # yah bisa dibilang bgtu, itu hanya pengandaian untuk memudahkan orang mempelajari tentang fosil dinosaurus atau lainnya,..:)
J :#Kakak senang nah, nanti mama jelaskan lagi tentang aliran listrik e....
M: Okay, tapi sekarng mama harus ke Kampus.....

dari pembicaraan sekitar 15 menit ada banyak hal yang didapat, thanks to my little son, saya bagaikan seorang tuna netra yang dituntun untuk mempelajari hal-hal baru...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar