Senin, 20 April 2015

Roti Kismis

Roti Kismis
Ini cerita tentang berkreasi dengan bahan-bahan kue yang ada dan tersisa. Let’s say saya punya terigu, mentega, 1 butir telur, ragi, 1 sachet susu dancow, dan ada sebungkus kismis yang tersisa. Hari ini saya lagi tidak sedang ingin membuat cake, tetapi dari hari kemarin pengen sekali bisa makan roti. Akhirnya saya membuat Roti Kismis.

Kalau di resep menggunakan gula palem dan saya tak punya stok gula palem, cokelat bubuk jadilah, untuk mendapatkan warna roti yang kecoklatan. Tapi sepertinya yang saya pakai kemarin kurang banyak jadi kurang cokelat.

Resepnya sama seperti roti biasa, tetapi setelah mentega di taruh dan sudah kalis barulah kismisnya dimasukan, diaduk rata dan bulatkan. Hampir lupa sebelum kismis masukkan ke dalam adonan, direndam dalam air selama kurleb 15 menit e.

Diamkan 1 jam hingga adonan mengembang, kempiskan lalu dibentuk-bentuk. Saya suka pakai cetakan pai yang kecil diolesi mentega (soalnya saya tidak punya cup kue), sisanya barulah ditaruh di Loyang bundar/persegi. Setelah di bentuk diamkan lagi 30 menit hingga mengembang, sebelum dibakar atasnya olesi campuran 1 butir telur dan 1 sdm susu cair.

Tinggal tunggu Roti matang. Senangnya melihat anak-anak suka dan makan dengan lahapnya. Pagi ini masih tersisa beberapa buah,cukup untuk sarapan dan bekal kakak ke sekolah.

Rasanya senang sekali bisa membuat camilan sendiri untuk keluarga. Lebih sehat dan puas nikmatinya. Dan kalau sudah begini, No more jajan e...;)

Note : Fotonya kurang jelas, kamera hapenya jadul nih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar