Rabu, 08 April 2015

Anak dan Menulis

Kesibukannya sepulang dari sekolah, kalau tidak menghadap TV, bermain dengan adiknya  yah menggambar atau menulis cerita. Lebih ke komik sih bentuknya, gambar-gambar dengan keterangan-keterangan tulisan di samping gambarnya.

Kemarin ketika hendak membaca, di samping bacaan saya, ada kertas hasil gambarnya. Saya pelototin, dan kaget : wah gambar ini bagus (menurut saya-masih mencari kertas itu). Saya akhirnya berpikir untuk membuatkannya blog, masih terlalu dini sepertinya yah. Jadi dimulai dengan mendorongnya bercerita lewat tulisan. Sepertinya topik ini membuatnya tertarik, dia mendengarkan saya dengan seksama sebelum mulai mengetik.

Saya yang sedang membaca di sampingnya tidak terlalu memperhatikan apa yang dia tulis, sampai katanya : “Ma, ini sudah banyak nih, coba mama baca dulu…”. “Teruskan saja sampai selesai kak, nanti mama baca…”. Namanya juga anak-anak mungkin dia bosan duduk terlalu lama, dan dia menanyakan saya bagaimana cara menyimpan sebelum pergi bermain bersama teman-temannya.
Singkat cerita berikut saya paste tulisanya, belum selesai sih soalnya si kakak maunya menulis langsung yang panjang-panjang…..:
Jericho strategi game
Halo teman teman. kalian pasti senang main game bukan.aku suka main game perang perangan loh. Salah satunya age of empires 3 ,mungkin kalin tidak terlalu suka game ini. tapi aku akuhi,game ini juga bagus loh. apahka kalian sudah pernah main dengan es online,aku belum perna.kerena tidak ada internet.sebenarnya ada flas modem, tapi aku tidak perna  di ijinkan oleh ibuku .kalian tahu flas modem kan,flash modem adalah pemancing internet.kerena ibuku yang membayar pulsa modem.Kalau sudah libur paska kayak gini mungkin aku main terus aku ketularan dari sd kelas 3. Ayahku dulu waktu kulia pas liburan ayah ku main dari pagi sampai pagi, nanti ayahku paus lalu makan ,istirahat,main,saat malam ayaku,makan,istirahat,main,istirahat,lalu main lagi. ada teman ayah ku yang bilang seperti ini,we lu!be su kasi lu makan minum lu malas malas lai kerja sana!.ada juga yang sampai gila. nah aku punya beberapa strategi di bawah ini.

1.kumpulkan emas dan makanan buat mill.naik jaman.buat baracks.buatla baracks minimal 4 baracks. buatla 100 pasukan.bagi menjadi pertahanan,dan penyerang. 50 bertahan,50 menyerang. jangan takut persediaan makanan,emas,dan kayu akan habis maka akan menguras pasukan musuh. ulangi strategi pertama 2 kali. tapi bertahan gunakan pasukan pikeman,carrsbowman,helberid. sebelum menyeang, dan bertahan. apgred pasukan,pasukanmu. caranya, klick baracks di bawa gambar pasukan.ada gambar klick gambar.  itu maka selesai . the skirmish
itu strategi pertama the skirsmish saya paling suka di asia dyinastiy .kalau itu saya, mungkin  kalian juga suka?lalu ada beberapa negara baru yaitu cina,jepang,india.Ini dia strateginya.

2. habiskan persediaan anda,jangan takut.dengan cara buatla  orang sebanyak banyaknya. Kumpulkan persediaan anda dengan banyak.naik jaman.buat baracks, buat pasukan. minimal 75 Pasukan . setelah itu buka home city.dan buatla ninja.kalau mengunakan jepang.pertama bertahan,sampai kau naik jaman industrial.lalu apgred pasukan tamba pasukan menjadi, 175 pasukan. 75 pasukan menyerang dan 100 bertahan.jika gagal gunakan cara ini.perbanyak pasukan mariam serang mengunakan pasukan sisa . gunakan 50 pasukan. selesai.    
the dyanastiy asia
itu strategi yang aku suka
mungkin kalian suka yang ini

                Saya mencoba membuatkannya email, sebagai jalan masuk ke blog-nya, tapi ternyata saya membuat kesalahan di tahun lahir-nya. Masih terlalu muda untuk punya email kayaknya…J.
Jika dilihat masih kacau-balau yah tulisannya, terlebih di penggunaan tanda baca. Tapi biar sajalah. Yang penting dia punya kemauan untuk menulis, terus berlatih sekalian belajar. Sudah beberapa malam sejak liburan berakhir, dia rela mengikuti peraturan untuk mematikan Televisi di atas jam 7, karena harus belajar. Dan dengan buku bacaaan dia terus membaca, menunggu rasa kantuk datang.

“To be a good writer you have to be a good reader”. “Ma, bagaimana caranya membuat tulisan yang panjang-panjang begitu..?” tanyanya. “Jangan dulu memikirkan yang rumit-rumit, tulisalah dahulu yang sederhana, tentang diri sendiri (perkenalan), tentang adik, papa-mama, kejadian disekolah dan di rumah, lebih bagus lagi kalau bisa merangkum pelajaran sekolah, jadi bisa sekalian belajar, kaka buat saja dulu nanti mama bantu”, jawab saya.

Antuasiasme terlihat di wajahnya. Dan saya berharap Ini bisa mendorong dia untuk terus menulis di sela-sela waktu belajar dan bermainnya. Semoga.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar