Senin, 14 Desember 2015

Nugget Pisang



 Selama ini jika mendengar kata nugget yang mampir dalam pikiran adalah daging. Daging ayam atau daging ikan. Dan yang menjadi karakteristiknya adalah tepung panir atau tepung roti. Pertama kali lihat resep ini langsung ingin mencoba membuatnya, secara pembuatannya tidaklah susah, dan membayangkannya sudah pasti nikmat di lidah.

Nugget pisang menjadi menu camilan andalan buat suami dan anak-anak di rumah sejak saya mencoba membuatnya beberapa bulan lalu. Namun berhubung pisang musiman adanya di Rote sini, jadi buatnya pas lagi banyak pisang. Tidak sama di Ende dimana pisang dijual dengan harga 15rbu/2 sisir. Di Rote Cuma bisa bawa pulang 1 sisir dengan uang 15 ribu.

Berikut saya share bahan dan cara pembuatan Nugget pisangnya.
 Bahan :
1 sisir pisang kepok.
Bahan pelapis
Tepung terigu
Tepung beras
Garam
Sedikit mentega
SKM 1 sdm.
2 sdm gula pasir          
Tepung Panir.
Cara membuat :
Bahan pelapisnya dicampur menjadi satu, sayangnya saya tidak menggunakan takaran, pake feeling saja. Kurang lebih sama ketika membuat adonan pisang goreng.

Pisang kepok di belah dua ada juga yang dibentuk menyerupai kipas, tapi kami seisi rumah sukanya yang tipis potongannya. Pisang yang sudah dibelah, dicelup ke dalam bahan pelapis, lalu ditaburi dengan tepung panir hingga tertutup semuanya, tinggal di goreng satu-satu.

Biasanya satu sisir itu dibagi dua. Adonan yang sudah dilaburi tepung panir dimasukkan ke dalam kulkas tinggal digoreng keesokan harinya.

Rasanya enak, kriuk-kriuknya mantap. Dan sudah pasti anak-anak suka. Jadi jika bisa dibuat sendiri, kenapa harus membeli?

Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar