Rabu, 14 Mei 2014

Mengatasi Amarah



Cara Lain untuk mengatasi marah:
 
Empat langkah pendekatan dalam menangani amarah, menurut Charlotte Sanborn, Ph.D.,.

1   Terimalah. Bila di masa mendatang kita merasa marah, terima saja. Jangan mengingkari perasaan marah atau mencoba untuk menutupinya.

2   Galilah. Dapatkan sumber emosinya. Jika sumber emosinya adalah sesuatu yang dikatakan orang tentang kita, tanya pada diri kita sendiri mengapa kata-kata itu membuat kita marah. Jika sumbernya adalah sesuatu yang dilakukan atau tidak dilakukan orang, cari alasan mengapa kita sampai marah.

3   Ekspresikan. Jika kita yakin bahwa mengekspresikan kemarahan itu bakal meledak-ledak sehingga bakal mungkin bisa menimbulkan permusuhan. Maka ambil napas dalam-dalam, tahan selama 10 detik, dan keluarlah. Atau berjalan-jalanlah. Ketika kita sudah yakin bahwa kita dapat mendiskusikan masalah yang ada tanpa meledakannya, lakukan.

4   Lupakan. Langkah terakhir ini mungkin paling susah. Namun juga paling penting. Begitu kita sudah menyampaikan perasaan kita kepada orang yang sudah membuat kita marah, lupakan masalah itu. Berubah atau tidak sikap dia, tidak menjadi soal. Yang penting adalah kita mengekspresikan marah secara sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar