Rabu, 07 Mei 2014

Ikan Masak Cuka



Sejak pertama kali mencicipi jenis masakan ini, yang saya tahu jenis ikannya adalah ikan Sardines. Namanya mirip kayak nama ikan yang dikalengkan yah. Entahlah, saya juga kurang tahu pasti nama aslinya. 
Awalnya kenal makanan ini, di rumah mertua saya. Waktu itu saya Cuma menatap saja, tidak berminat sama sekali. Ikan sardines itu dicuci bersih, direndam cuka, dikasih cabe, irisan bawang, garam dan daun kemangi, siap dimakan. 
Waktu berikutnya makanan itu ada lagi, ikan lawar biasa disebut, saya coba untuk mencicipinya dan ternyata enak. Hanyalah faktor biasa dan tidak biasa yang membuat saya ragu untuk memakannya sejak awal.
Hari ini, saya membelinya dari seorang wanita yang menjajakannya dari rumah ke rumah. Harganya 10rb rupiah per 1 piring kecil. Saya membersihkan kepala ikan beserta tulangnya, mencucinya bersih, merendamnya dengan cuka ; mengganti airnya, direndam lagi ditambah dengan beberapa irisan bawang merah. Lumayan enak, malah jadi pengganti sambal karena lumayan pedis.

Sebenarnya lebih enak kalau pedisnya pas saja sih, jangan kebanyakan cabe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar